Langsung ke konten utama

Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN)

Gerakan Kewirausahaan Nasional atau disingak GKN adalah program pemerintah untuk meningkatkan populasi wirausaha Indonesia, dimana menurut data wirausaha Indonesia hanya 0,24 % dar total populasi penduduk Indonesia. Persentasi ini masih jauh dari populasi normal (ideal) dimana seharusnya populasi wirausaha berada ditingakt 2% dari penduduk.

GKN dimulai pada hari rabu tanggal 2 Februari 2011. Untuk merealisasikan GKN pemerintah mebuat banyak kegiatan mulai dari seminar, pelatihan, sampai pinjaman tanpa atau dengan bunga yang ringan.


Gerakan Kewirausahaan nasional III

GKN III akan dimulai dengan acara seminar nasional yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Karno, dalam acara ini selain menampilkan bintang papan atas juga akan di isi oleh pembicara bertarap Nasional maupun Interasional selain itu akan ada pembagian modal usaha bagi 1500 pengusaha muda dengan modal maksimal 25 juta.

Efektivitas GKN

Setiap ada program maka bagian terpenting adalah hasil yang dicapai dari program tersebut, seperti yang diketahui GKN adalah salah satu program pemerintah dalam upaya meningkatkan perekonomian Nasional setidaknya itulah yang mereka katakan terlepas dari carut-marutnya dalam pelaksanaannya. Lalu apakah GKN mampu mencapai target / tujuan yang ingin dicapai.

Sayangnya pemerintah kurang jeli dalam maslah penting ini, hampir semua program pemerintah tidak ada laporan hasil akhir yang menunjukan bagaimana hasil yang diraih. Pemerintah seakan-akan hanya mencari jalan untuk menghamburkan uang rakyat tanpa mau tahu dampak dan hasil yang dicapai.

Selain itu orang yang bergelut dengan GKN adalah politikus dan LSM yang kerjanya hanya ngomong doang. Sedangkan dari kalangan pengusaha tergolong sedikit, pengusaha yang benar-benar pengusaha dibiarkan berjuang sendiri. GKN sendiri terkesan hanya salah satu proyek pemerintah untuk menggeruk keuntungan bagi sebagian orag, sama seperti program pemerintah lainnya.

Apapun yang terjadi pengusaha Indonesia masih sangat sedkit, dibutuhakn pengusaha baru sehingga bisa menngkatkan perekonomian dan membuka lowongan pekerjaan baru yang dibutuhkan.

Komentar

  1. Maaf pak mau tanya,bagaimana cara mendapatkn pinjaman modal dari GKN? Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Investasi

Menurut Mankiw (2003), investasi adalah barang-barang yang dibeli oleh individu dan perusahaan untuk menambah persediaan modal mereka. Menurut Lipsey, Courant, Purvis dan Steiner (1997) investasi adalah pengeluaran barang yang tidak dikonsumsi saat ini dimana berdasarkan periode waktunya, investasi dapat terbagi menjadi tiga diantaranya: investasi jangka pendek, investasi jangka menengah dan investasi jangka panjang. Investasi merupakan komitmen sejumlah dana suatu periode untuk mendapatkan pendapatan yang diharapkan di masa yang akan datang sebagai kompensasi unit yang diinvestasikan, mencakup waktu yang digunakan, tingkat inflasi yang diharapkan dan ketidakpastian masa mendatang (Sumanto, 2006). Pada dasarnya setiap orang atau perusahaan yang melakukan investasi akan mempunyai tujuan yang sama, yaitu memperoleh kesejahteraan bagi dirinya atau perusahaan tersebut. Hal ini juga berlaku sama bagi perusahaan emiten yang berinvestasi di pasar modal. Perusahaan yang berinvestasi di

Mata Uang Kripto - BotXcoin

 BotXcoin adalah platform yang menyediakan layanan Copytrading untuk investasi mata uang Kripto atau investasi lainnya. Untuk berinvestasi pada layanan BotXcoin menggunakan koin BotX.J enis koin yang digunakan adalah ERC-20 yang berjalan dan didistribusikan di blockchain publik Ethereum. Koin BOTX memiliki total maksimal suplai koin yang dibatasi sebanyak 5,000,000,000 koin.  Copytrading sendiri adalah konsep perdagangan dimana seorang trader dapat mengikuti aksi yang dilakukan oleh trader lain yang dianggap berpengalaman dan ahli. Dengan Platform BotXcoin trader bisa melakukan aksi mengikuti aksi yang dilakukan trader berpengalaman. BotXcoin membuat koneksi terintegrasi pada bursa dan para trader bisa mengikuti dan membuat transaksi secara langsung yang sama persis dengan trader utama yang mereka ikuti. Untuk saat ini BotXcoin sudah diperjual belikan pada beberapa bursa uang Kripto seperti Indodax, P2PB2B, UniSwap, dan bursa lainnya. BotXcoin dikembangkan sejak tiga tahun terakhir ata

Teori Sinyal

Menurut Wolk, et al. (2001) teori sinyal menjelaskan alasan perusahaan menyajikan informasi untuk pasar  modal. Teori sinyal menunjukkan adanya asimetri informasi antara manajemen perusahaan dan pihak-pihak yang berkepentingan dengan informasi tersebut.  Teori sinyal mengemukakan tentang bagaimana seharusnya perusahaan memberikan sinyal-sinyal pada pengguna laporan keuangan. Menurut Jama’an (2008) Signaling Theory mengemukakan tentang bagaimana seharusnya sebuah perusahaan memberikan sinyal kepada pengguna laporan keuangan. Sinyal ini berupa informasi mengenai apa yang sudah dilakukan oleh manajemen untuk merealisasikan keinginan pemilik. Sinyal dapat berupa promosi atau informasi lain yang menyatakan bahwa perusahaan tersebut lebih baik daripada perusahaan lain. Teori sinyal menjelaskan bahwa pemberian sinyal dilakukan oleh manajer untuk mengurangi asimetri informasi. Manajer memberikan informasi melalui laporan keuangan bahwa mereka menerapkan kebijakan akuntansi konservatisme yang m