Ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. ekonomi mikro mempelajari Tingkah laku pembeli dan penjual (pembeli memuaskan kebutuhannya dan penjual / produsen memaksimumkan keuntungan).
Salah satu tujuan ekonomi mikro adalah menganalisis pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga relatif kepada produk dan jasa, dan alokasi dari sumber terbatas di antara banyak penggunaan alternatif. Ekonomi mikro menganalisis kegagalan pasar, yaitu ketika pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien; serta menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna.
Indikator dalam ekonomi mikro
Salah satu tujuan ekonomi mikro adalah menganalisis pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga relatif kepada produk dan jasa, dan alokasi dari sumber terbatas di antara banyak penggunaan alternatif. Ekonomi mikro menganalisis kegagalan pasar, yaitu ketika pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien; serta menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna.
Indikator dalam ekonomi mikro
- Membahas perilaku individu rumah tangga
- Membahas perilaku individu perusahaan
- Membahas perilaku suatu pasar (industri)
- Menganalisis masalah-masalah: - proses terjadinya tingkat harga - Bagaimana produsen menentukan tingkat produksi - Faktor-faktor yang menentukan pendapatan setiap faktor produksi.
- Masalah Harga dasar (floor price) dan harga tertinggi (ceiling price).
- Meningkatnya permintaan beras
- Kenaikan harga BBM
- Masalah Monopoli
- Masalah distribusi
Terimakasih atas informasi mengenai ekonomi mikro diatas, sangat bermanfaat bagi saya untuk mempelajari ekonomi mikro. Kunjungi balik yaa di http://ps-mikam.gunadarma.ac.id/
BalasHapus