Langsung ke konten utama

Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi adalah ilmu bagaimana mengelola sumber daya yang terbatas untuk mencapai kemakmuran. Menurut Samuelson Ilmu ekonomi merupakan studi tentang perilaku orang dan masyarakat dalam memilih cara menggunakan sumber daya yang langka dan memiliki beberapa  alternatif penggunaan, dalam rangka memproduksi berbagai komoditi, untuk kemudianmenyalurkannya baik saat ini maupun  di masa depan kepada berbagai individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat.

Ilmu ekonomi hadir pada abad 18, dimana pada masa itu banyak ekonom klasik yang cukup terkenal saat ini seperti Adam Smith dengan karyanya An Inquiri into the Nature and Causes of the Wealth of Nations. Dan setelahnya lahir ekonom lain seperti Keynes, david Ricardo dan lainnya. Adam Smith menyatakan bahwa seperti alam semesta yang berjalan serba teratur, sistem ekonomi pun akan mampu memulihkan dirinya sendiri (self adjustment), karena ada kekuatan pengatur yang disebut sebagai tangan-tangan tak terlihat (invisible hands).


Lalu bagaimana dengan Islam ? walaupun ilmu ekonomi modern sedikit sekali yang membicarakannya, tetapi ada baiknya kita sedikit membaca sejarah ilmu ekonomi dari pandangan kepercayaan sebagian besar rakyat Indonesia ini. Dalam Islam ilmu ekonomi sudah muncul sejak awal mula kemunculan Islam, tetapi pada masa ini belum ada sistem yang sempurna sebagai sistem ekonomi, ilmu ekonomi masih bercampur dengan ilmu lainnya seperti sosial, hukum, fiqih dan lainnya.


Pada abad kedua hijriah baru bermunculan karya seperti Al-Mudawwanah al-Kubro, karya Imam Malik (93-179 H), Al-Umm, karya Imam Syafi’I (150-204 H) Kitab Al-Khoroj, karya Abu Yusuf (wafat 182 H/762 M) dan masih banyak tulisan yang memliki pembahasan tentang ilmu ekonomi. Tentu saja jika melihat waktu-nya maka bisa dibilang ekonomi islam sudah jauh lebih dulu ada dibanding dengan Ilmu ekonomi barat dimana ekonomi islam muncul pada abad 7 masehi sedangkan barat  pada abad17 masehi.



Secara umum ilmu ekonomi terbagi dalam dua teori ekonomi yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro, Selain itu, subyek ekonomi juga bisa dibagi menjadi positif (deskriptif) dan normatif, masih banyak lagi cabang atau pembagian ilmu ekonomi dan itu sejalan dengan perkembangan transaksi, prilaku ekonomi itu sendiri, dimana ada sebuah peningkatan trend untuk mengaplikasikan ide dan metode ekonomi terus menerus dalam konteks yang lebih luas.

Dalam Ilmu ekonomi klasik ada tiga masalah pokok ekonomi yaitu Maslah produksi, Distribusi dan masalah ekonomi.

Teori Ekonomi Modern
Ilmu ekonomi terus berkembang sejalan dengan perkembangan jaman, entah itu politik, tehnologi dan lainnya dimana perkembangan yang teradi biasanya mempengaruhi sistem perekonomian yang dijalankan. Semakin berkembang dunia ekonomi maka akan sejalan dengan perekembangan ilmu ekoomi entah itu secara makro maupun mikro ekonomi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Investasi

Menurut Mankiw (2003), investasi adalah barang-barang yang dibeli oleh individu dan perusahaan untuk menambah persediaan modal mereka. Menurut Lipsey, Courant, Purvis dan Steiner (1997) investasi adalah pengeluaran barang yang tidak dikonsumsi saat ini dimana berdasarkan periode waktunya, investasi dapat terbagi menjadi tiga diantaranya: investasi jangka pendek, investasi jangka menengah dan investasi jangka panjang. Investasi merupakan komitmen sejumlah dana suatu periode untuk mendapatkan pendapatan yang diharapkan di masa yang akan datang sebagai kompensasi unit yang diinvestasikan, mencakup waktu yang digunakan, tingkat inflasi yang diharapkan dan ketidakpastian masa mendatang (Sumanto, 2006). Pada dasarnya setiap orang atau perusahaan yang melakukan investasi akan mempunyai tujuan yang sama, yaitu memperoleh kesejahteraan bagi dirinya atau perusahaan tersebut. Hal ini juga berlaku sama bagi perusahaan emiten yang berinvestasi di pasar modal. Perusahaan yang berinvestasi di

Mata Uang Kripto - BotXcoin

 BotXcoin adalah platform yang menyediakan layanan Copytrading untuk investasi mata uang Kripto atau investasi lainnya. Untuk berinvestasi pada layanan BotXcoin menggunakan koin BotX.J enis koin yang digunakan adalah ERC-20 yang berjalan dan didistribusikan di blockchain publik Ethereum. Koin BOTX memiliki total maksimal suplai koin yang dibatasi sebanyak 5,000,000,000 koin.  Copytrading sendiri adalah konsep perdagangan dimana seorang trader dapat mengikuti aksi yang dilakukan oleh trader lain yang dianggap berpengalaman dan ahli. Dengan Platform BotXcoin trader bisa melakukan aksi mengikuti aksi yang dilakukan trader berpengalaman. BotXcoin membuat koneksi terintegrasi pada bursa dan para trader bisa mengikuti dan membuat transaksi secara langsung yang sama persis dengan trader utama yang mereka ikuti. Untuk saat ini BotXcoin sudah diperjual belikan pada beberapa bursa uang Kripto seperti Indodax, P2PB2B, UniSwap, dan bursa lainnya. BotXcoin dikembangkan sejak tiga tahun terakhir ata

Teori Sinyal

Menurut Wolk, et al. (2001) teori sinyal menjelaskan alasan perusahaan menyajikan informasi untuk pasar  modal. Teori sinyal menunjukkan adanya asimetri informasi antara manajemen perusahaan dan pihak-pihak yang berkepentingan dengan informasi tersebut.  Teori sinyal mengemukakan tentang bagaimana seharusnya perusahaan memberikan sinyal-sinyal pada pengguna laporan keuangan. Menurut Jama’an (2008) Signaling Theory mengemukakan tentang bagaimana seharusnya sebuah perusahaan memberikan sinyal kepada pengguna laporan keuangan. Sinyal ini berupa informasi mengenai apa yang sudah dilakukan oleh manajemen untuk merealisasikan keinginan pemilik. Sinyal dapat berupa promosi atau informasi lain yang menyatakan bahwa perusahaan tersebut lebih baik daripada perusahaan lain. Teori sinyal menjelaskan bahwa pemberian sinyal dilakukan oleh manajer untuk mengurangi asimetri informasi. Manajer memberikan informasi melalui laporan keuangan bahwa mereka menerapkan kebijakan akuntansi konservatisme yang m