Di era teknologi saat ini, persaingan bisnis bukan hanya terpaku pada kualitas produk atau tempat usaha yang startegis tetapi lebih kepada kualitas manajemen dan penguasaan informasi dan kekuatan jaringan. Bisa dibilang konsep seperti ini sangat sejalan dengan konsep koperasi dalam menjalankan usahanya.
Tetapi perkembangan koperasi tidak berjalan dengan baik, koperasi tidak mendapatkan tempat dikalangan Milenial. Konsep koperasi yang bisa diintegrasikan dengan perkembangan jaman tidak dilakukan, kebanyakan koperasi berpaku pada gaya lama dan tidak mengalami perubahan yang signifikan.
Dinamika bisnis berkembang dengan pesat, sejalan dengan perkembangan teknologi yang menjadi katalisator perubahan pada model bisnis dan usaha. Rebranding Koperasi diperlukan sehingga koperasi lebih mudah diterima kalangan Milenial.
Distrupsi ekonomi terjadi, fundamental bisnis berubah. Peran pemerintah diperlukan, aturan tetang koperasi harus diperbaharui, menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan jaman.
Perusahaan yang statis dan tidak melakukan perubahan dan memperbaiki strategi bisnis akan mengalami kemunduran bahkan kematian. Hal ini juga berlaku terhadap koperasi, tanpa mampu menarik minat kalangan Milenial koperasi tidak akan mampu bertahan.
Artikel Terkait
Komentar
Posting Komentar