Langsung ke konten utama

Pasar Monopoli


Monopoli adalah suatu keadaan dimana didalam pasar hanya ada satu produsen sehingga tidak ada pihak yang menyainginya (monopoli murni). Dalam kenyataan sulit untuk mencontohkan suatu perusahaan yang memiliki jenis monopoli murni yang tidak mempunyai pesaing dari perusahaan lain.

Seandainya pun ada produk yang mempunyai satu penjual, dan tidak memiliki persaingan langsung dari perusahaan lain, kemungkinan masih ada perusahaan yang tidak langsung, misalnya dari perusahaan yang menjual produk subtitusi (walaupun subtitusi tidak sempurna) terhadap produk tersebut.

Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen. Contoh : PLN yang memberikan pelayanan listrik dimana tidak ada perusahaan lain yang menyaingi.

Dalam melakukan transaksi ekonomi banyak produsen melakukan bermacam cara agar produsen yang lain tidak memasuki industri tersebut sehingga tercipta pasar monopoli dimana produsen dapat mengatus harga.

perbedaan antara pasar monopoli dengan pasar lain adalah kurva permintaan yang dihadapi perusahaan. Karna perusahaan monopoli adalah satu-satunya produsen bagi bagi suatu produk tertentu maka kurva permintaannya adalah sama dengan kurva permintaan pasar bagi produknya.

Karakteristik pasar monopoli sebagai berikut:
- Terdiri dari 1 penjual yang menguasai pasar monopoli.
- Barang yang dijual tidak ada kesamaan dengan pedagang-pedagang lain.
- Ada suatu kendala perusahaan baru yang ingin ikut serta dalam kegiatan pasar monopoli.
- Pembeli bisa tahu bahwa kondisi pasar monopoli terbatas.
- Segala hal mempromosikan produk dagangan masih kurang mampu.

Bentuk Pasar Monopoli

Ada beberapa bentuk pasar monopoli diantarnya ;
a. Pasar monopoli murni
    Yaitu pasar yang memiliki pasar monopoli yang ekstrim Contoh : PLN, PAM PT. Kereta Api.
b. Pasar Yang Mendekati Monopoli (near monopoly)
    yaitu pasar yang hanya terdiri dari satu produsen tetapi tidak menutup kemungkinan untuk ada produsen yang lain Contoh :
Perusahaan yang menguasai prodiksi pada suatu pasar sehingga tidak ada pesaingnya tetapi tidak menutup kemungkinan untuk produsen yang lain memasuku pasar tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanggap Covid 19 Dengan Layanan Sehatq

Pandemi Covid 19 masih belum usai, pemerintah dengan segala upaya berusaha menekan penyebaran virus lewat kebijakan dan aturan yang dibuat, diantaranya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diberlakukan terhadap beberapa daerah sesuai dengan tingkat penyebarannya. Kita harus bisa mematuhi peraturan pemerintah yang ada mengingat pentingnya kerjasama semua pihak dalam menekan penyebaran dan penanggulangan Covid 19, tanpa adanya kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan penyebaran Covid 19 akan terus terjadi. PPKM mampu mengurangi jumlah kasus Covid, tetapi di sisi lain PPKM membuat kita sulit mendapatkan kebutuhan pokok maupun kebutuhan lainnya. Begitu juga untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan ada baiknya tidak harus pergi kerumah sakit atau klinik jika memungkinkan bisa dilakukan dari rumah. Selain PPKM, pemerintah juga menggalakkan kampanye #ingatpesanibu lewat gerakan 3M yang wajib diterakpkan dalam bersosial dan beraktivitas. Gerakan Memakai Mask...

Peran Investor Lokal Pasar Modal Indonesia

Pada bulan oktober data kepemilikan saham pada pasar modal indonesia adalah 62,38 % oleh asing dan sisanya 37,62 oleh investor lokal (topsaham.com), data tersebut bisa menyimpulkan bahwa investor lokal masih sedikit dan masih kurangnya minat masarakat terhadap dunia investasi pada pasar modal. Investor lokal sangat penting untuk menjaga stabilitas pasar modal, dimana jika pasar modal terlalu bergantung pada investor asing maka akan mudah tergoncang oleh krisis global. sehingga dibutuhkan peningkatan investasi lokal dalam upaya penguatan ekonomi nasional. Perkembangan Investasi lokal Indonesia masih kalah dibanding Negara-negara tetangga seperti malaysia dan singapura dimana pada negara tersebut investor lokalnya bisa menguasai pasar modalnya, bursa efek Indonesia atau BEI sendiri sebagai otoritas pasar modal Indonesia menargetkan 2,3 juta investor lokal pada tahun 2012 (investor.co.id). Dengan pentingnya peranan pemodal lokal pada pasar modal untuk perkembangan dan stabilisasi ...

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi (Inggris: Income Statement atau Profit and Loss Statement ) adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih.(wikipedia.org). Laporan laba rugi adalah suatu laporan yang menunjukkan pendapatan-pendapatan dan biaya-biaya dari suatu unit usaha untuk suatu periode tertentu. Selisih antara pendapatan-pendapatan dengan biaya merupakan laba yang diperoleh atau rugi yang diderita oleh perusahaan. Laporan laba rugi yang kadang-kadang disebut laporan penghasilan atau laporan pendapatan dan biaya merupakan laporan yang menunjukkan kemajuan keuangan perusahaan. Peran dari laporan laba rugi adalah sebagai sebagai alat untuk mengetahui kemajuan yang dicapai perusahaan serta  mengetahui berapakah hasil bersihkan atau laba yang didapat dalam suatu periode. Dalam...