Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.
Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. (wikipedia.org)
Beberapa pengertian manajemen dari para Ahli:
- Drs. Malayu S.P Hasibuan
Manajemen adalah ilmu dari seni mengatur proses pemanfaatan Sumber Daya Manusia dan sumber-sumber secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.
- Prof. Dr. Sondang P. Siagian
Manajemen ialah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh hasil dalam rangka penyampaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain
- Drs.. the Liang Gie, dalam ilmu administrasi, manajemen adalah proses yang yang menggerakan tindakan dalam usaha kerjasama manusia, sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.
- Drs.. the Liang Gie, dalam ilmu administrasi, manajemen adalah proses yang yang menggerakan tindakan dalam usaha kerjasama manusia, sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.
Secara umum biasanya manajemen didefinisiskan dalam empat fungsi spesifik dari manajer, yaitu merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan.
Merencanakan (planning) adalah bagaimana pimpinan atau manajer memikirkan dengan matang sasaran dan tindakan berdasarkan pada beberapa cara (metode). dengan demikian perencanaan bukan berdasarkan perasaan saja.
Mengorganisasikan adalah proses mengatur dan mengalokasikan pekerjaan, wewewnang dan sumberdaya (resources) di antara anggota organisasi, dalam rangka mencapai sasaran organisasi.
Memimipin maksudnya adalah mempengaruhi, memotivasi pegawai / karyawan untuk melaksanakan tugas.
Dan yang terakhir adalah mengendalikan (controlling) dimana pimpinan/manajer harus yakin dengan tindakan yang dilakukan oleh anggota organisasi benar-benar menggerakan organisasi ke arah sasaran yang telah ditentukan
Komentar
Posting Komentar