Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan (Djaslim Saladin 2002). Definisi lainnya menyatakan bahwa pemasaran (marketing) adalah sebuah konsep ilmu dengan strategi bisnis yang bertujuan untuk mencapai kepuasan berkelanjutan bagi stakeholder (pelanggan, karyawan, pemegang saham). (Ali Hasan, 2009).
Definisi menurut American Marketing Association (AMA), pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemangku kepentingannya. (Kotler, 2009).
Definisi menurut American Marketing Association (AMA), pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemangku kepentingannya. (Kotler, 2009).
Berdasarkan definisi-definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pemasaran merupakan proses sosial dan manajerial, baik pada individu dan kelompok yang berusaha memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran
Pemasaran (marketing) adalah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Salah satu definisi yang paling baik dan singkat dari pemasaran adalah “memenuhi kebutuhan dengan cara yang menguntungkan”
Tujuan Pemasaran
Ali Hasan (2009) menjelaskan teori marketing yang baik akan membantu marketer dalam:
- Memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan yang sangat penting dalam mendefinisikan pasar yang baru, merumuskan dan menciptakan superior nilai bagi pelanggan dan memacu inovasi yang menciptakan kecepatan pertumbuhan pendapatan dalam setiap aspek bisnis.
- Memenuhi tantangan pasar saat sekarang, dan mempersiapkan jurus-jurus untuk mengantisipasi perubahan pasar di masa depan.
Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran (marketing mix) atau 4P dalam pemasaran terdiri dari 4 komponen, yaitu : produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan distribusi (place) (Husein Umar, 2005). Variabel bauran pemasaran tersebut perlu dikombinasikan dan dikoordinasikan dengan tepat agar badan usaha dapat melaksanakan kebijakan dan program pemasaran dengan seefektif mungkin
Komentar
Posting Komentar